PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

KHOTIMAH, KHUSNUL (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi dengan memanfaatkan media cerita bergambar bagi siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 19 siswa putri. Data penelitiaan ini diambil dengan cara(1) Observasi; (2) wawancara; (3) Tes atau pemberian tugas. Pelaksanaan tindakan dalam penelitiaan ini adalah(1) Menyusun rencana tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) Observasi; (4) refleksi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah Menggunakan teknik reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pemanfaatan media cerita bergambar dapat meningkatkan prestasi belajar menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta; (2) Berdasarkan penelitian nilai awal diketahui nilai rata-rata kelas 57,11. Selanjutnya pada siklus I nilai rata-rata kelas 62,17. Pada siklus II rata-rata kelas menjadi 79,5; (3) peningkatan nilai pada kondisi awal kesiklus I mencapai 5,06 sedangkan pada siklus I kesiklus II 17,33 berarti nilai siswa sudah mengalami peningkatan yang signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis karangan narasi, media cerita bergambar, dan peningkatan perbaikan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 05:28
Last Modified: 08 Aug 2011 05:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item View Item