PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI BELAJAR KOOPERATIF MODEL KUASAI PADA SISWA KELAS VIII E SMPN 2 SAWIT KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

SETIAKUSUMA, PRAVITA EKA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI BELAJAR KOOPERATIF MODEL KUASAI PADA SISWA KELAS VIII E SMPN 2 SAWIT KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Cover-Abstrak.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah yaitu (1) adakah peningkatan kemampuan menulis teks berita melalui metode kooperatif model KUASAI pada siswa kelas VIII E SMPN 2 S awit Boyolali tahun ajaran 2010/2011 (2) bagaimana motivasi siswa kelas VIII E SMPN 2 S awit Boyolali tahun ajaran 2010/2011 dalam kegiatan menulis teks berita melalui metode kooperatif model KUASAI (3) bagamanakah persepsi dan tanggapan siswa kelas VIII E SMPN 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2010/2011 tentang menulis teks berita melaui metode kooperatif model KUASAI. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk meningkatkan hasil belajar menulis berita (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita melalui metode kooperatif model KUASAI, untuk mengetahui motivasi belajar siswa, untuk mengetahui persepsi dan tanggapan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif model KUASAI dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis berita dengan KKM 63 diperoleh rata-rata awal siswa pada hasil pretes diperoleh 46,62 (21,62%), siklus I nilai rata-rata kelas diperoleh 61,81 (51,35%), pada siklus II nilai rata-rata kelas VIII E dalam menulis berita dengan metode kooperatif Model KUASAI bisa meningkat menjadi 71,73 (75,67%). (2) adanya motivasi siswa dalam kegiatan menulis teks berita dibandingkan kegiatan prasiklus. Ketika siswa menerima perintah untuk mengerjakan, siswa senang dan mengerjakan sungguh-sungguh. (3) persepsi dan tanggapan siswa senang mengenai menulis teks berita menggunakan metode kooperatif model KUASAI sebanyak 83,78%, siswa yang sedikit senang dengan pembelajaran menulis teks berita melalui metode kooperatif model KUASAI sebanyak 5,4%, siswa yang tidak senang dengan pembelajaran menulis teks berita melaui metode kooperatif model KUASAI sebanyak 10,81%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis berita, metode kooperatif, model KUASAI.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 06 Aug 2011 04:45
Last Modified: 06 Aug 2011 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item View Item