UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR RUMUS DASAR PERSAMAAN AKUNTANSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN MNEMONIC RHYMES AND SONGS BERVARIASI (MENGINGAT LIRIK SEBUAH LAGU) PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

SUPRIYONO, SUPRIYONO (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR RUMUS DASAR PERSAMAAN AKUNTANSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN MNEMONIC RHYMES AND SONGS BERVARIASI (MENGINGAT LIRIK SEBUAH LAGU) PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_SUPRI.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_SUPRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_SUPRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_SUPRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_SUPRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran akuntansi khususnya materi pelajaran persamaan akuntansi dengan metode pembelajaran Mnemonic Rhymes and Songs Bervariasi (mengingat lirik sebuah lagu) pada siswa kelas X Akuntansi 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana msing-masing siklus dilalui empat tahapan, yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Obyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi I Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilaksanaka secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah mengguanakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini yaitu upaya meningkatkan motivasi belajar rumus dasar persamaan akuntansi dengan metode pembelajaran Mnemonic Rhymes and Songs Bervariasi (mengingat lirik sebuah lagu) pada siswa kelas X Akuntansi 1sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2010/201. hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1)Motivasi belajar siswa Pra penelitian tindakan dilakukan sebesar 17 %,(1) Motivasi belajar siswa selama siklus I sebesar 42,18% dan meningkat menjadi 85,312% pada siklus II; (2) Hasil angket respon siswa mengenai strategi pembelajaran yang digunakan pada siklus I dari 40 siswa yang menyatakan sangat setuju sebesar 36% dan menyatakan setuju 50,75%, dan pada siklus ke II meningkat menjadi 48% siswa merespon sangat setuju, 47,25% menyatakan setuju.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Rhymes and Songs Bervariasi (mengingat lirik sebuah lagu),motivasi belajar siswa,akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2011 04:04
Last Modified: 06 Aug 2011 04:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13856

Actions (login required)

View Item View Item