PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN (PTK di SMP N 3 Colomadu, Karanganyar kelas VIII Semester Genap)

Widayanti, Lastri (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN (PTK di SMP N 3 Colomadu, Karanganyar kelas VIII Semester Genap). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Artikulasi. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Artikulasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumetasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) ada peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : a) antusias dalam belajar sebelum tindakan 57,14% dan setelah tindakan 91,43%, b) mengerjakan soal dari guru sebelum tindakan 28,57% dan setelah tindakan 77,14%, c) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 5,71% dan setelah tindakan 45,71%, d) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 14,29% dan setelah tindakan 54,29%, e) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 57,14% dan setelah tindakan 97,14%. (2) ada peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator: a) siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 sebelum tindakan 22,86% dan setelah tindakan 91,43%, b) siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata sebelum tindakan 57,14% dan setelah tindakan 77,14%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelejaran Artikulasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-51
Uncontrolled Keywords: motivasi, hasil belajar, artikulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2011 03:51
Last Modified: 31 Oct 2011 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13840

Actions (login required)

View Item View Item