PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011

RETNA HANDAYANI , ANDI (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustakata)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 GATAK) Andi Retna Handayani, A 410 070 061, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 80 Halaman Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran setelah dilakukan pembelajaran melalui metode student team achievement divisions berbasis tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur dimana meliputi pengumpulan data, pengujian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 15,4% dan setelah tindakan 51,3%, 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 28,2% dan setelah tindakan 79,5%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 20,5% dan setelah tindakan 48,7%, serta 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan 25,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode student team achievement divisions berbasis tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, student team achievement divisions, tutor sebaya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 09:38
Last Modified: 04 Aug 2011 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13823

Actions (login required)

View Item View Item