PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW (PTK Pembelajaran Matematika Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Nogosari Semester II Tahun Ajaran 2010/ 2011)

JAINUDIN, JAINUDIN (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW (PTK Pembelajaran Matematika Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Nogosari Semester II Tahun Ajaran 2010/ 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bsb II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada limit fungsi aljabar dengan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dan (2) mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada limit fungsi aljabar dengan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know. Pendekatan penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Nogosari, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) mengajukan pertanyaan terhadap suatu masalah sebelum tindakan 9,86 % dan diakhir tindakan 48,39 %, b) mengemukakan ide sebelum tindakan 3,23 % dan diakhir tindakan 22,59 %, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 3,23 % dan diakhir tindakan 45,16 %, dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 sebelum tindakan 19,35 % dan diakhir tindakan 77,41 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Prestasi-Belajar, Matematika, Inquiring, Minds, Know
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Aug 2011 06:05
Last Modified: 04 Aug 2011 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13816

Actions (login required)

View Item View Item