PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

RACHMAWATI, NUFIKA (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan dan volume balok melalui pendekatan pembelajaran Schema-based Instruction dalam pemecahan persoalan matematika. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII, yang dilaksanakan dalam tiga putaran. Subyek penelitian, guru kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VIIIPK yang berjumlah 24 orang sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 17% menjadi 62%; 2) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengajukan pertanyaan, dari 12% menjadi 50%; 3) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengerjakan soal secara mandiri, dari 29% menjadi 87%; 4) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaan, dari 8% menjadi 42%; dan 5) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengerjakan PR, dari 80% menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Schema-Based Instruction dalam pemecahan persoalan matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-48
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, schema-based instruction.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Aug 2011 05:49
Last Modified: 31 Oct 2011 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13814

Actions (login required)

View Item View Item