PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MEMANFAATKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester II SMP N 1 Gatak Sukoharjo)

SUWANTO, SUWANTO (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MEMANFAATKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester II SMP N 1 Gatak Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I,.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang melalui pendekatan CTL dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran pada siswa kelas VIII. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VIII SMP N 1 Gatak berkolaborasi dengan peneliti dan kepala sekolah sebagai pihak pelaksana, serta siswa kelas VIII yang berjumlah 40 siswa sebagai pihak penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui diskusi, observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini adalah 1) Adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, yang meliputi a) kemampuan siswa yang memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 37,50 %, diakhir tindakan menjadi 81,68%, b) kemampuan siswa mengemukakan ide/gagasan sebelum tindakan 26,70 %, diakhir tindakan menjadi 77,50 %, c) menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 33,46 %, diakhir tindakan menjadi 78,75%, d) kemampuan siswa memanipulasi media pembelajaran sebelum tindakan 0%, diakhir tindakan menjadi 88,64%, e) kemampuan menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 33,56 %, diakhir tindakan menjadi 79,83%, f) ketepatan menjawab soal latihan sebelum tindakan 56,33 %, diakhir tindakan menjadi 87,65%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yaitu sebelum tindakan 31,68 %, diakhir tindakan menjadi 82,63% dengan KKM (≥70). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan CTL dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika bangun ruang dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, hasil belajar, barang bekas, media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:34
Last Modified: 04 Aug 2011 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13803

Actions (login required)

View Item View Item