PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KEMAMPUAN DOSEN DALAM PROSES PERKULIAHAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2006/2007

Nugroho, Eko (2008) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KEMAMPUAN DOSEN DALAM PROSES PERKULIAHAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A220040016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kemampuan dosen dalam proses perkuliahan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa jurusan PPKn tahun angkatan 2006/2007. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan PPKn Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun angkatan 2006/2007 yang keseluruhan berjumlah 148 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 30, yang didasarkan pada jenis penelitian berupa deskriptif korelasional, sehingga jumlah sampel yang reperesntatif adalah 10% dari populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket sebagai metode pokok untuk menggumpulkan data mengenai pesepsi mahasiswa mengenai kemampuan dosen dalam proses perkuliahan, motivasi belajar, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai Prestasi Belajar mahasiswa. Metode wawancara dan metode observasi sebagai metode bantu digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari angket. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg =..... Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 10,981, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;27) adalah sebesar 3,39 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,57, hasilnya Fhitung > Ftabel = 10,981 > 3,39 atau 10,981 > 5,57, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kemampuan dosen dalam proses perkulihan dan motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar dinyatakan dapat diterima. Variabel persepsi mahasiswa mengenai kemampuan dosen dalam proses perkuliahan memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 25,01% dan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 11,22%. motivasi belajar memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 74,99% dan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 33,64%, Sehingga nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel persepsi mahasiswa mengenai kemampuan dosen dalam proses perkuliahan. Dengan demikian jika motivasi belajar tinggi maka dapat dipastikan adanya peningkatan prestasi belajar pada mahasiswa yang bersangkutan. Dari perhitungan di atas ada faktor lain sebesar 55,4% yang mempengaruhi prestasi belajar, misalnya pola belajar dan tingkat kecerdasan mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa mengenai kemampuan dosen dalam proses perkuliahan, motivasi belajar berpengaruh terhadap Prestasi Belajar mahasiswa jurusan PPKn tahun angkatan 2006/2007. Oleh karena itu perlu diupayakan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam proses perkuliahan, dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan dosen, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2008 06:24
Last Modified: 01 Feb 2011 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item