KONTRIBUSI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007

Saputra, Dimas Armadian (2011) KONTRIBUSI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara interaksi sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi secara bersama-sama antara mata kuliah kewirausahaan dan interaksi sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2007. Sampel yang diambil sebanyak 118 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Mata kuliah kewirausahaan berkontribusi positif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,927 > 2,271 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Interaksi sosial berkontribusi positif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,266 > 2,271 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Mata kuliah kewirausahaan dan interaksi sosial berkontribusi positif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 38,631 > 3.075 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel mata kuliah kewirausahaan memberikan sumbangan efektif 13,2%. Variabel interaksi sosial memberikan sumbangan efektif 27%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel interaksi sosial memiliki kontribusi yang lebih dominan terhadap minat berwirausaha dibandingkan variabel mata kuliah kewirausahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mata Kuliah Kewirausahaan, Interaksi Sosial dan Minat Berwirausaha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:11
Last Modified: 11 Oct 2018 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item View Item