PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM KESETARAAN GENDER PADA FILM PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN (Analisis Semiotika terhadap Film Perempuan Berkalung Sorban)

Sari, Fitri Arum (2011) PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM KESETARAAN GENDER PADA FILM PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN (Analisis Semiotika terhadap Film Perempuan Berkalung Sorban). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB___1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB___2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB___3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB___4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB___5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk Mendiskripsikan faktor kesetaraan gender yang menjadi misi perjuangan perempuan pada film perempuan berkalung sorban. Latar belakang penelitian yaitu mempelajari tentang kesetaraan gender dapat melalui media, yaitu seperti film, karena dalam film mengandung berbagai pesan edukatif yang dapat digunakan sebagai alternatif media pendidikan. Salah satu adalah film perempuan berkalung sorban yang mengandung perjuangan perempuan dalam kesetaraan gender. Menghargai persamaan warga Negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku merupakan Kompetensi dasar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang ada di kelas X semester 2 dengan standar kompetensi menghargai persamaan kedudukan dalam berbagai aspek kehidupan.Teknik pengumpulan data adalah dengan menyimak berulang-ulang adegan dan dialog pada film perempuan berkalung sorban, menganalisis teks dan teknis mencatat. Hasil penelitian ini menunjukan, faktor kesetaraan gender yang menjadi misi perjuangan perempuan pada film Perempuan Berkalung Sorban. (1)Faktor kesetaraan gender dalam memperoleh hak dan kesempatan yang sama dengan laki-laki hal tersebut menjadi misi perjuangan perempuan dalam kesetaraan gender pada film Perempuan Berkalung. (2)Faktor kesetaraan gender untuk bisa menjadi pemimpin yang sama dengan laki-laki hal tersebut menjadi misi perjuangan perempuan dalam kesetaraan gender pada film Perempuan Berkalung Sorban.(3)Faktor kesetaraan gender untuk memperoleh pendidikan yang sama dengan laki-laki hal tersebut menjadi misi perjuangan perempuan dalam kesetaraan gender pada film Perempuan Berkalung Sorban (4)Faktor kesetaraan gender untuk memperoleh kebebasan mengembangkan potensi hal tersebut menjadi misi perjuangan perempuan dalam kesetaraan gender pada film Perempuan berkalung Sorban (5) Dalam film Perempuan Berkalung Sorban tidak memberikan suatu solusi bagi penonton film tersebut

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perjuangan, Perempuan, kesetaraan gender dan Analisis Semiotika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 03:42
Last Modified: 11 Oct 2018 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13794

Actions (login required)

View Item View Item