EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM BUS SUMBER RAHAYU JURUSAN KARTASURA – UNS DITINJAU DARI TINGKAT PELAYANAN DAN ASPEK EKONOMIS

PUTRA, MANIK MADA (2007) EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM BUS SUMBER RAHAYU JURUSAN KARTASURA – UNS DITINJAU DARI TINGKAT PELAYANAN DAN ASPEK EKONOMIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
Hal_Depan.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
Bab_I.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Dapus.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (bab.2)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (bab.3)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (bab.4)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (bab.5)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (bab.6)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Salah satu sarana untuk melayani aktifitas manusia adalah penyediaan fasilitas angkutan umum bus. Kinerja angkutan umum yang baik harus mampu menghasilkan pelayanan yang efektif dan efisien, serta mampu memenuhi tuntutan penumpang dan kegiatan masyarakat. Tolak ukur yang digunakan adalah kecepatan perjalanan, waktu sirkulasi, faktor muat (load factor), waktu antara kendaraan, waktu tunggu, jumlah penumpang, tarif dan BOK (Biaya Operasi Kendaraan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja bus yang meliputi kecepatan perjalanan, waktu sirkulasi, faktor muat (load factor), waktu antara (time headway), serta biaya operasional kendaraan dan tarif. Data yang digunakan terdiri dari data primer, yang berupa waktu tempuh, kapasitas angkutan, jumlah penumpang, waktu henti naik turun penumpang, dan waktu henti di terminal. Serta data sekunder, yang berupa komponen BOK, rute angkutan, jumlah angkutan, tarif, jarak trayek serta peta rute. Pengumpulan data primer dilakukan pada hari Senin 24 April 2006, Selasa 25 April 2006 dan Sabtu 29 April 2006 sedangkan data sekunder dilakukan pada Tanggal 04 Mei 2006. Setelah data lengkap, dilakukan analisa perhitungan yang meliputi kecepatan perjalanan, waktu sirkulasi, avaibility, jumlah penumpang, faktor muat (load factor), waktu antara kendaraan (time headway), tarif dan BOK (Biaya Operasi Kendaraan). Hasil analisa menunjukkan bahwa kinerja Bus Sumber Rahayu berdasarkan faktor pelayanan secara umum sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kecepatan bus 20,849 km/jam dan 20,850 km/jam untuk masing-masing rute, waktu sirkulasi 122,62 menit, nilai Avaibility 80-90%, load factor rata-rata di lapangan 21%, time headway rata-rata 8,58 menit, jumlah kendaraan khusus untuk bus Sumber Rahayu berdasarkan kondisi di lapangan adalah 13 kendaraan, sedangkan menurut evaluasi 3 kendaraan, BOK bus Sumber Rahayu sebesar Rp. 1.570,10 /bus-km. Berdasarkan load factor 70% sebesar Rp. 1.945,37 /bus-km, dan tarif berdasarkan load factor 21 % di lapangan diperoleh Rp. 6.808,75/bus- km, tarif di lapangan sebesar Rp. 2.000 . Hasil ini menunjukan bahwa secara umum pihak operator rugi, Hal ini disebabkan karena kecilnya nilai load factor PO. Sumber Rahayu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kinerja , Pelayanan dan Aspek ekonomis.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Aug 2011 03:21
Last Modified: 04 Aug 2011 03:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13792

Actions (login required)

View Item View Item