PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011

NOFITASARI, RENNY (2011) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi semester VI FKIP UMS Tahun Akademik 2010/ 2011 yang berjumlah 189 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 48 orang mahasiswa dengan teknik random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,850 > 2,014 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,007. 2) Kemandirian dalam mengerjakan tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,442 > 2,014 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 3) Aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 19,054 > 3,204 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel aktivitas belajar memberikan sumbangan efektif 25,1%. Variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan sumbangan efektif 20,8%,. Jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 45,9%, sedangkan 54,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, kemandirian mengerjakan tugas, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 05:53
Last Modified: 03 Aug 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13786

Actions (login required)

View Item View Item