PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

WULANDARI, NOVI (2011) PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 159 siswa. Dalam penelitian jumlah sampel adalah 110. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan uji t, uji F dan R2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y= 84,670 + 0,046X1 + 0,197X2, artinya prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi siswa mengenai kepribadian guru berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel persepsi siswa mengenai kepribadian guru sebesar 2,179 sehingga thitung > ttabel atau 2,179 > 1,982 (a = 0,05); 2) motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 2,300 sehingga thitung > ttabel atau 2,300 > 1,982 (a = 0,05); 3) persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan Fhitung > Ftabel atau 3,739 > 3,081 (a = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,049 ; berarti 4,9 % prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel persepsi siswa mengena i kepribadian guru dan motivasi belajar, sisanya sebesar 95,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, kepribadian guru, motivasi belajar, prestasi belajar akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 05:17
Last Modified: 03 Aug 2011 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

View Item View Item