PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

PANGESTIKA, MITHA (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar; 2) pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar; 3) pengaruh persepsi siswa entang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan analisis statistik untuk pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP AL Islam I Surakarta yang berjumlah 326 orang siswa. Sampel yang diambil sebesar 65 orang siswa (20%) dari populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling (sampling acak). Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta perhitunga n sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 62,938 + 1,133.X1 + 0,946.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar IPS ekonomi siswa ditentukan oleh tinggi rendahnya persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi antara guru dengan siswa. Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (7,214 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 44,9%; 2) Kemampuan komunikasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,277 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 14%; 3) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 44,462 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,15 pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru memberikan kontribusi sebesar 58,9% terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru, kemampuan komunikasi guru, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:31
Last Modified: 03 Aug 2011 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13779

Actions (login required)

View Item View Item