PENINGKATAN KEMAMPUAN MENANGGAPI BAHAYA DAN MANFAAT INTERNET DENGAN METODE DEBAT AKTIF ANAK KELAS V SD NEGERI 02 DELINGAN

PUJIASTUTI, NUR SETYA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENANGGAPI BAHAYA DAN MANFAAT INTERNET DENGAN METODE DEBAT AKTIF ANAK KELAS V SD NEGERI 02 DELINGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109MB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (815kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet dengan metode debat aktif. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Delingan yang berjumlah 33 siswa, 17 siswaa putri dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menanggapi, khususnya materi tentang internet. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1). Berpendapat sebelum tindakan 12,12%, siklus I pertemuan 1 18,18% dan pertemuan 2 30,30%, siklus II pertemuan 1 54,55% dan pertemuan 2 69,70%, siklus III pertemuan 1 78,79% dan pertemuan 2 100%. 2). Mengemukakan sanggahan sebelum tindakan 6,06%, siklus I pertemuan 1 9,09% dan pertemuan 2 24,24%, siklus II pertemuan 1 30,30% dan pertemuan 2 45,45%, dan siklus III pertemuan 1 60,61% dan pertemuan 2 81,82%. 3). Menyampaikan solusi sebelum tindakan 3,03%, siklus I 21,21%, siklus II 51,52%, dan siklus III 90,91%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode debat aktif dapat meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-38
Uncontrolled Keywords: kemampuan menanggapi, debat aktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2011 10:15
Last Modified: 31 Oct 2011 05:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13768

Actions (login required)

View Item View Item