PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011

UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (BAb II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar dan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan makanan dan kesehatan. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran mencapai 90,90 %, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 27,27 %, pada putaran I sebesar 36,36 %, pada putaran II sebesar 72,72 %, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45 %, pada putaran II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27 %, pada putaran I mencapai daya serap 45,45 %, pada putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar siswa, strategi everyone is a teacher here.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2011 10:03
Last Modified: 02 Aug 2011 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item