PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU SD SE KELURAHAN PURO KECAMATAN KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN

SUBAGYO, ROHMAT WISNU (2011) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU SD SE KELURAHAN PURO KECAMATAN KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, 2) pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja guru, dan 3) pengaruh motivasi kerja dan tingkat pendidikan terhadap kinerja guru SD se Kel. Puro, Kec. Karangmalang, Kab. Sragen. Tempat penelitian di SD se Kelurahan Puro, Karangmalang, Sragen, dengan populasi sampel 32 orang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptip kuantitatif. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dengan teknik angket/ kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket dan diuji cobakan terhadap 15 orang guru. Untuk mendapatkan validitas butir angket digunakan korelasi product moment dengan hasil, dari 25 butir item dalam angket kinerja guru, 23 butir dinyatakan valid, dari 25 butir item dalam angket motivasi kerja guru, 23 butir dinyatakan valid. Untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha, dengan hasil: angket kinerja diperoleh r = 0,976; angket motivasi kerja guru diperoleh r = 0,965. Kedua variable tersebut setelah dikonsultasikan dengan tebel nilai interpretasi r memiliki reliabilitas tinggi. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,985 > 0,05 batas signifikansi, berarti data kinerja guru berdistribusi normal. Dari uji linearitas hubungan diperoleh harga: 1) Fhitung X1Y = 1,388; harga p = 0,267; 2) Fhitung X2Y = 1,285; harga p = 0,317. Sedangkan harga Ftabel = 3,32; jadi seluruh harga Fhitung < 3,32 dan seluruh p > 0,05 berarti hubungan antara variable bebas (X) dan variable terikat (Y) linear sehingga dapat dipakai untuk meramalkan analisis regresi. Uji multikolinearitas dengan korelasi product moment diperoleh harga rxy sebesar 0,346 < 0,90 jadi tidak terjadi gejala multikolinearitas. Dari uji t diperoleh harga t hitungX1 = 5,368; nilai koefisiensi = 0,000; harga t hitungX2 = 2,421; nilai koefisiensi = 0,022. Dengan demikian semua variable bebas (X) secara parsial berpengaruh positif secara signifikan terhadap variable terikat (Y) dengan tingkat kepercayaan 63,1%. Uji anova diperoleh harga Fhitung = 24,816 dengan nilai signifikansi 0,000; berarti seluruh variable bebas (X) secara simultan berpengaruh positif secara signifikan terhadap variable terikat (Y), dengan tingkat kepercayaan 63,1%. Sumbangan Efektif (SE) X1 = 41,1%; (SE) X2 = 15,0%; sedangkan Sumbangan Relatif (SR) X1 = 76,2%; (SR) X2 = 23,8%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, tingkat pendidikan, dan kinerja.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2011 07:00
Last Modified: 02 Aug 2011 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item