STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA ANTARA PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYUAGUNG 1 SURAKARTA

NUSANDARI, NUNIK DEWI (2011) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA ANTARA PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYUAGUNG 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia. Pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia adalah pendekatan komunikatif. Pembelajaran yang selama ini dilakukan banyak menggunakan metode ceramah. Pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered) sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Salah satunya adalah SD Negeri Banyuagung 1 Surakarta. Akibatnya, informasi yang didapat kurang begitu melekat pada diri siswa. Agar siswa memiliki keterampilan berpikir kritis, seharusnya diadakan upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Hasil belajar yang baik salah satunya didukung oleh penggunaan metode yang sesuai. Salah satu metode yang cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti yang dapat mengaktifkan siswa dan menjamin tercapainya tujuan pendidikan adalah melalui metode diskusi dan metode discovery. Metode diskusi dan discovery memberikan kesempatan pada siswa agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Metode diskusi dapat mendorong siswa untuk berdialog dan bertukar pendapat baik dengan guru maupun teman-temannya sehingga mereka dapat berpartisipasi secara optimal tanpa ada aturan-aturan yang terlalu keras namun tetap mengikuti etika yang disepakati bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar Bahasa Indonesia antara metode diskusi dan metode discovery pada siswa kelas IV SD Negeri Banyuagung 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pola rancangan random tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Banyuagung 1 Surakarta berjumlah 317 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV berjumlah 60 siswa. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai thitung = 2,215 pada α = 0.05 > daripada ttabel = 1,672 pada α = 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode discovery dan metode diskusi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, metode diskusi, metode discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2011 05:56
Last Modified: 02 Aug 2011 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13756

Actions (login required)

View Item View Item