PEMEROLEHAN KATA, KLAUSA, DAN KALIMAT PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN MELALUI PENULISAN CERITA YANG DIFILMKAN (DI SD N I JAPANAN, CAWAS, KLATEN)

SURYANTO, SURYANTO (2011) PEMEROLEHAN KATA, KLAUSA, DAN KALIMAT PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN MELALUI PENULISAN CERITA YANG DIFILMKAN (DI SD N I JAPANAN, CAWAS, KLATEN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan secara objektif tentang pemerolehan kata, klausa, dan kalimat pada anak usia 8-10 tahun di SD Negeri I Japanan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik simak dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu data yang diperoleh selanjutnya dikelompokkan ke dalam kategori yang telah ditentukan. Setelah data terkumpul, lalu dianalisis dengan metode agih dengan teknik lanjutan menggunakan yeknik lesap dan teknik ganti. Hasil penilitian pemerolehan kata dapat disimpulkan bahwa anak-anak usia sekolah dasar kelas IV dalam penulisan cerita yang difilmkan lebih banyak memunculkan kata nomina, urutan selanjutnya kata verba, kata tugas, kata adverbia, kata pronomina, kata adjektiva, dan paling sedikit kemunculannya adalah kata numeralia. Pemerolehan kata yang paling banyak dihasilkan oleh Ayuk Novita Yanti dengan pemerolehan 132 kata. Hasil penilitian pemerolehan klausa dan kalimat dapat disimpulkan bahwa anak-anak usia sekolah dasar kelas IV dalam penulisan cerita yang difilmkan lebih banyak memunculkan kalimat tunggal, urutan berikutnya adalah kalimat majemuk, klauasa verba, klausa adjektiva, klausa preposisi, dan urutan paling sedikit kemunculannya adalah klausa nomina, klausa numeralia, serta pronomina. Pemerolehan klausa terbanyak yaitu Alfia Nisa Widhiyastuti dengan memperoleh 10 klausa. Pemerolehan kalimat terbanyak yaitu Hilda Suryani dengan memperoleh 15 kalimat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemerolehan kata, klausa, dan kalimat. Cerita yang difilmkan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 29 Jul 2011 08:57
Last Modified: 29 Jul 2011 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13750

Actions (login required)

View Item View Item