PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III PONDOK NGADIROJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011

FATHONI, IRFAN SYAIFUL (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III PONDOK NGADIROJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
2_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3_BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BabV)
7_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan melalui pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri yang berjumlah 16 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar matematika materi pecahan meliputi: 1) sebelum tindakan yang mendapat nilai ≥ 60 adalah 43,75% (7 siswa), 2) siklus I yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 56,25% (9 siswa), 3) siklus II yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 75% (12 siswa), 4) siklus III yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 93,75% (15 siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui model pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-41
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan pembelajaran visualization, auditory dan kinestetic
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 29 Jul 2011 02:38
Last Modified: 31 Oct 2011 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item View Item