PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 )

MISCARINE , FITRI YOSHINTA (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_new.pdf

Download (112kB)

Abstract

PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Tahun Ajaran 2010/2011 Fitri Yoshinta Miscarine, A 410070048, Progdi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 198 halaman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VII BI, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai pemberi tindakan, serta siswa kelas VII BI yang berjumlah 25 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari: 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum melakukan tindakan 33,3% meningkat menjadi 52%; 2) Adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum melakukan tindakan 20,8% meningkat menjadi 60%; 3) Adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat/ide sebelum melakukan tindakan 8,3% meningkat menjadi 36% 4) Adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 12,5% meningkat menjadi 88%; dan 5) Adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan 83,3% meningkat menjadi 96%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, Student Facilitator and Explaining.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 28 Jul 2011 10:02
Last Modified: 28 Jul 2011 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

View Item View Item