PUTRININGSIH , DANIS (2011) PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (14kB) |
Abstract
PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA Danis Putriningsih, A 410 070 088, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 77 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas, Klaten. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa, yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 5.301, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 15.895, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.591.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi - Pembelajaran, Motivasi - Belajar, Prestasi - Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 09:53 |
Last Modified: | 28 Jul 2011 09:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13730 |
Actions (login required)
View Item |