PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIAKAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

SUWANDA , TOTO (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIAKAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
Cover_-_Halaman_judul.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (bab I)
1.Bab_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (bab II)
2.Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (bab III)
3.Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (bab IV)
4.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (bab V)
5.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIAKAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) Toto Suwanda, A 410 060 093, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 75 Halaman Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa pada materi pecahan dengan menggunakan Metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan Media kartu soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Al-Islam Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan sola cerita matematika siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa dalam: 1) kemampuan siswa dalam memahami apa yang diketahui meningkat dari 15 siswa (40,54%) menjadi 27 siswa (72,97%), 2) kemampuan siswa dalam memahami apa yang ditanyakan meningkat dari 16 siswa (43,24%) menjadi 27 siswa (72,97%), 3) kemampuan siswa dalam menjawab soal cerita matematika dengan benar dan tepat meningkat dari 13 siswa (35,13%) menjadi 25 siswa (67,56%). Kesimpulan penelitian ini adalah Metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan Media kartu soal dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: soal-cerita, matematika, metode-pembelajaran, media- pembelajaran, kemampuan-siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2011 09:52
Last Modified: 28 Jul 2011 10:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13729

Actions (login required)

View Item View Item