PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PRASETYANINGSIH, ANIK DWI (2011) PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini Meningkatkan Pemahaman Simbol-simbol Peta Provinsi Jawa Tengah Siswa Kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dengan jumlah 35 siswa ( 13 putra dan 22 putri). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas 1V MIM Krakitan dan kolaborator(guru kelas 1V).Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi),wawancara, dan dokumen. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis terdiri dari data aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger, Aktivitas guru dan data tes hasil belajar IPS dengan model treffinger. Dalam penelitian ini, Peran peneliti sebagai guru dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger sedangkan kolaborator sebagai pengamat jalannya model pembelajaran IPS dengan model treffinger. Pekasanaan penelitian ini dilaksankan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model Treffinger untuk meningkatkan pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah siswa kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten dapat disimpulkan peningkatan ketelitian siswa dalam pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah yang pada siklus I hanya 34,28%, siklus II 51,42%, siklus III 94,28% dan Ketuntasan pada siklus I sebesar 37, 13 % , siklus II 48,57 %, siklus III 94, 28 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-36
Uncontrolled Keywords: Model Treffinger, Pembelajaran IPS, Pemahaman Simbol-simbol Peta Provinsi Jawa Tengah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Jul 2011 09:13
Last Modified: 31 Oct 2011 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item View Item