PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI DENGAN METODE DEMONSTRASI DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA

NIANTI, ARIN HERLIN (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI DENGAN METODE DEMONSTRASI DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAn.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Bab1)
03_BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunan metode pembelajaran Kooperatif Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dilengkapi dengan metode Demonstrasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh antivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) Interaksi antara metode pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi dengan matode Demonstrasi dan aktivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 119 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa, terdiri dari 40 siswa kelas kontrol dan 40 siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling secara berkelompok. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 5,393, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan FB = 19,209, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 0,277.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, aktivitas belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Jul 2011 08:58
Last Modified: 28 Jul 2011 08:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item View Item