PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

HASANAH, USWATUN (2011) PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Keterampilan menulis teks berita SMP Muhammadiyah 5 Surakarta masih rendah. Hal ini disebabkan penggunaan teknik ceramah. Penggunaan teknik pengamatan objek langsung diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan minat siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan menulis, terutama menulis teks berita. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan menulis teks berita dan (2) perubahan tingkah laku siswa setelah pembelajaran menulis teks berita dengan teknik pengamatan objek langsung. Manfaat penelitian ini untuk mengembangkan teknik pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita dan menjadi bahan referensi dalam peningkatan menulis teks berita. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta adalah peningkatan nilai rata-rata siswa menulis teks berita dengan teknik pengamatan objek langsung sebesar 42,17%. Terlihat dari hasil prasiklus menunjukkan rata-rata nilai siswa 56,66 masuk kategori kurang. Pada siklus II, rata-rata siswa menjadi 71,38 kategori cukup dan terakhir meningkat dengan nilai rata-rata siswa 86,56 pada siklus II dalam ketegori sangat baik. Selisih peningkatan prasiklus ke siklus I sebesar 14,72 atau 39,78%. Sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,18 atau 42,17%. Perubahan tingkah laku yang tampak dalam pembelajaran menulis teks berita dengan teknik pengamatan objek langsung yaitu siswa merasa senang, lebih bersemangat, aktif, dan lebih mandiri dalam mengerjakan tugasnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan pembelajaran dengan teknik pengamatan objek langsung dalam kegiatan menulis teks berita. Kemudian, siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan berlatih menulis khususnya teks berita. Saran yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis teks berita, teknik pengamatan langsung, dan siklus penelitian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 28 Jul 2011 09:03
Last Modified: 28 Jul 2011 09:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13713

Actions (login required)

View Item View Item