PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa

SUSANTI, FINDA ARI (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: (1) pengaruh metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Alhikmah Mayong Jepara yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa yang terdiri dari 43 siswa sebagai kelas Reciprocal Teaching dan 42 siswa sebagai kelas Accelerated Learning. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program SPSS untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dapat didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 4,957 > Ftabel = 4,000 dengan α = 5%.(2)Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 4,256 > Ftabel = 3,150 dengan α = 5%, (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari penelitian diperoleh Fhitung = 0,258 < Ftabel = 3,150 dengan α = 5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembelajaran dan motivasi belajar, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Motivasi belajar, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jul 2011 08:35
Last Modified: 28 Jul 2011 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item View Item