PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY – TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

FAJARWATI, RENY (2011) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY – TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (348kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode Cooperative Learning tipe Two Stay – Two Stray pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat meliputi aspek: a) siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 14,71% dan setelah tindakan 58,82%, b) siswa yang mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan 11,76% dan setelah tindakan 52,94%, c) siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 17,65% dan setelah tindakan 67,65%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Two Stay – Two Stray dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, two stay – two stray.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jul 2011 07:08
Last Modified: 28 Jul 2011 07:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13709

Actions (login required)

View Item View Item