PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI (GI) DALAM UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pada Siswa Kelas XI Semester Genap MAN Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011)

SARI, CHRISTINA INDAH PUSPITA (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI (GI) DALAM UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pada Siswa Kelas XI Semester Genap MAN Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
daftar_depan.pdf

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasi (GI) dan meningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Limit Fungsi dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasi (GI). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI.Ag MA Negeri Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada pokok bahasan Limit Fungsi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 8,33% dan setelah tindakan 36,11%, 2) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 11,11 % dan setelah tindakan 41,67%, 3) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 11,11% dan setelah tindakan 55,56% ,4) mengerjakan tugas rumah sebelum tindakan 40% dan setelah tindakan 94,44%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe group investigasi (GI) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, pembelajaran kooperatif tipe group investigasi (GI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jul 2011 06:59
Last Modified: 28 Jul 2011 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13708

Actions (login required)

View Item View Item