PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH BERVARIASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X MAN 1 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Widyarmini, Widyarmini (2007) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH BERVARIASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X MAN 1 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah surakarta.

[img] PDF
A220040012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode ceramah bervariasi dan motivasi belajar terhadap kreativitas siswa kelas X MAN 1 Wonogiri tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 117 siswa kelas X MAN 1 Wonogiri tahun pelajaran 2006/2007. Dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 orang siswa yang diambil dengan menerapkan teknik pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok angket, sedangkan observasi dan wawancara sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data penggunaan metode ceramah bervariasi, motivasi belajar, dan kreativitas siswa. Di samping itu digunakan pula metode bantu berupa observasi dan wawancara untuk mengkonfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : F reg..... Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 30,558, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,26 dan pada taraf signifikansi 1% ditentukan besarnya Ftabel = 4,38. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 30,558 > 3,26 atau 30,558 > 4,38 pada taraf signifikansi 1%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan metode ceramah bervariasi dan motivasi belajar terhadap kreativitas siswa kelas X MAN 1 Wonogiri tahun pelajaran 2006/2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode ceramah bervariasi terbukti memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 53,6%, sedangkan motivasi belajar memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 46,4% terhadap kreativitas siswa. Selanjutnya, hasil analisis data menunjukkan pula penggunaan metode ceramah bervariasi terbukti memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 33,4%, sedangkan motivasi belajar memberikan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 28,9% terhadap kreativitas siswa. Hasil penelitian ini ternyata menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan metode ceramah bervariasi dan motivasi belajar terhadap kreativitas siswa siswa yang bersangkutan. Oleh karena itu lebih lanjut dapat dikatakan bahwa penggunaan metode ceramah yang semakin bervariasi dan semakin tinggi motivasi belajar siswa, akan menyebabkan semakin tinggi pula kecenderungan siswa tersebut memiliki kreativitas yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu penggunaan metode ceramah bervariasi dan motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang ikut mempengaruhi kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode ceramah, motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2008 04:56
Last Modified: 01 Feb 2011 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item