STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011

WAHYONO, JOKO (2011) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (BAb IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ipa dengan menggunakan metode inkuiri dan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kateguhan 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode inkuiri dan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Kateguhan 01. Tawangsari tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,05>1,67) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan metode inkuiri (8,38) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan metode ceramah (7,60) atau terdapat selisih (0,78). Artinya pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik (lebih efektif) dalah meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode inkuiri, metode ceramah dan hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Jul 2011 02:45
Last Modified: 28 Jul 2011 02:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13696

Actions (login required)

View Item View Item