PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011

KURNIAWAN, M. AFIF (2011) PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Membaca Terhadap Perbendaharaan Kata dan Tingkah Laku Siswa Kelas IV SD N 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu melakukan uji hipotesis dengan analisis statistik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan membuat deskripsi (penggambaran) secara sistematis mengenai fakta atau sifat populasi di tempat penelitian berdasarkan pada data statistik, yaitu untuk mengungkapkan adanya pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata dan tingkah laku siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 01 selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2010/ 2011 sebanyak 35 siswa, siswa laki-laki berjumlah 20 dan siswa perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata serta pengaruh membaca terhadap tingkah laku siswa. Dari hasil analisis data dan pembahasan maka menghasilkan kesimpulan bahwa Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap perbendaharaan kata siswa kelas IV SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (63,085 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau kontribusi dari kegiatan membaca terhadap perbendaharaan kata adalah sebesar 65,7%, sedangkan 34,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap tingkah laku siswa kelas V SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (50,646 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau kontribusi dari kegiatan membaca terhadap tingkah laku siswa adalah sebesar 60,5%, sedangkan 39,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Perbendaharaan Kata, Tingkah Laku Siswa Kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 09:39
Last Modified: 27 Jul 2011 09:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item View Item