APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

MUSTIKANINGSIH, RATNA (2011) APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi berfikir kreatif dalam menggunakan metode diskusi terbimbing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 3 Nogosari.Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah, sedangkan variabel tindakan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi terbimbing. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV SDN 1 Nogosari kecamatan nogosari, kabupaten Boyolali yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data variabel peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah melalui penggunaan metode diskusi terbimbing. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumen. Teknik analisis data yang di gunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan, atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I memperoleh nilai rata-rata diskusi kelompok sebanyak 63,5 dan rata-rata kelas 61,9 dengan rincian siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 12 siswa atau 54,54% dan yang mendapat nilai < 65 sebanyak 10 siswa atau 45,45%. Pada siklus II nilai rata-rata diskusi kelompoksebanyak 78 dan rata-rata kelas mencapai 68 dengan rincian siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 18 siswa atau 81,82% dan yang mendapat nilai < 65 sebanyak 4 siswa atau 18,18%. Pada siklus III nilai rata-rata diskusi kelompok 81 dan nilai rata-rata kelas mencapai 76,14 dengan rincian semua siswa mendapat nilai > 65 yaitu sebanyak 22 siswa atau 100% jadi tidak ada siswa yang mendapat nilai < 65. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi terbimbing dapat meningkatkan kompetensi berpikir kreatif pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, diskusi terbimbing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 09:31
Last Modified: 27 Jul 2011 09:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item View Item