PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

WIJANARKO, NUR (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN_nur.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode Konvensional dan metode NHT (Numbered Head Together). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Arjosari yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes, yang sebelumnya dilakukan uji praysarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewargnegaraan antara metode konvensional dengan metode NHT (Numbered Head Together), dengan uji t diperoleh thitung = 2,028. (2) Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang dikenai metode NHT (Numbered Head Together) lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 06:30
Last Modified: 27 Jul 2011 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13664

Actions (login required)

View Item View Item