UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Roqimah, Siti (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran dengan role playing adalah suatu cara penguasaan bahanbahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Metode ini banyak melibatkan siswa dan membuat siswa senang belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkataan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem pernapasan manusia dengan strategi role playing dan penggunaam macromedia flash pada siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VIII D tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan strategi role playing dan penggunaan media macromedia flash kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 49,92 atau meningkat sebesar 11,62 dari nilai awal; ranah afektif= 13,17 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif= 58,33 atau meningkat sebesar 8,44 dari siklus I ; ranah afektif= 15,1 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 1,93 dari siklus I. Rata-rata hasil belajar pada siklus III ranah kognitif= 75,27 atau meningkat sebesar 16,94 dari siklus II; ranah afektif 20 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 4,9 dari siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi role playing dan penggunaan macrmedia flash dalam pembelajaran aktif dapat meningkatkan minat belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, role playing, macromedia flash.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 06:27
Last Modified: 27 Jul 2011 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item