PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

RUMIASIH, RUMIASIH (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
JUDUL-ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pernafasan pada manusia dengan penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dengan media torso pada siswa SMP Negeri 3 kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking dengan media torso yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (ranah kognitif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (ranah afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran Guided Note Taking media torso kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian tindakan kelas adalah peningkatan prosentase hasil belajar (ranah kognitif) siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 68 sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (11,7% ), siklus I ranah kognitif meningkat menjadi 20 siswa (58,8%); rata-rata ranah afektif = 17,1 (termasuk kategori cukup berminat), pada siklus II ranah kognitif meningkat menjadi 28 siswa (82,3%); rata-rata ranah afektif = 19,2 (termasuk kategori cukup berminat), dan ranah kognitif mencapai 34 siswa (100%) pada siklus III; rata-rata ranah afektif= 21,6 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan nilai kognitif (11,7%<58,8<82,3%<100%) dan rata-rata nilai afektif (17,1<19,2< 21,6) menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dengan media torso dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Guided Note taking, media torso
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 05:43
Last Modified: 27 Jul 2011 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13658

Actions (login required)

View Item View Item