MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Al Afghani, Jamaludin (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu dalam proses pembelajaran siswa ramai dan tidak konsentrasi dalam belajar (46%); siswa tidak aktif dalam pembelajaran (43%); siswa bermain dalam kelas pada waktu belajar (31%); siswa makan dalam pembelajaran (29%); kurang motivasi dalam pembelajaran (23%); siswa ngobrol ketika pembelajaran berlangsung (29%). Berdasarkan hasil observasi maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan tindakan diperoleh rata-rata 5,1 dan rata-rata siklus I meningkat sebesar 6,3, siklus II 7,4. Menunjukan setelah diberi materi dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 12,3 (berminat, sedang), siklus II sebesar 16,2 (berminat, baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 pada aspek kognitif dan aspek afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan savi, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 05:01
Last Modified: 27 Jul 2011 05:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13650

Actions (login required)

View Item View Item