UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

PUJIATI, SRI WAHYU (2011) UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.Hal_Depan.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.Bab_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
4.Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_Pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Bahasa anak perlu ditingkatkan salah satunya dengan upaya peningkatan perkembangan bahasa anak dengan metode bercerita. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan metode bercerita dengan papan flannel dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan selama 1bulan lebih sedikit di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 10 anak : 7 anak laki-laki, 3 anak perempuan. Serta guru berjumlah 4 orang. Data tentang perkembangan bahasa dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara omporasi/perbandingan yaitu membandingkan antara kperkembangan bahasa anak dari hasil penelitian dengan indikator kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita dengan papan flannel mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak di usia Taman Kanak-kanak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase perkembangan dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni prasiklus perkembangan bahasa anak mencapai 55,53 %, siklus I mencapai 64,26 % sebelumnya 60 %, siklus II mencapai 70,93 % debelumnya 70%, dan siklus III mencapai 83 % sebelumnya 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-25
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Bahasa, Metode Bercerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:53
Last Modified: 31 Oct 2011 05:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13648

Actions (login required)

View Item View Item