PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI KELAS B TK DHARMAWANITA KARANGJATI, KALIJAMBE, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SULISTIAWATI, CATUR (2011) PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI KELAS B TK DHARMAWANITA KARANGJATI, KALIJAMBE, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kecerdasan linguistik anak usia dini melalui metode bercerita di kelas B TK Dharma Wanita Karangjati. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan linguistik anak melalui metode bercerita, yakni sebelum tindakan menjawab pertanyaan 23%, menceritaakan kembali 18%, pengucapan dengan pelafalan benar 18%. Siklus I mencapai 54% menjawab pertanyaan, 45% menceritakan kembali, 50% pengucapan dengan pelafalan benar. Siklus II mencapai 77% dalam menjawab pertanyaan, 68% menceritakan kembali, 72% pengucapan dengan pelafalan benar. Silus III mencapai 90% menjawab pertanyaan 81% menceritakan kembali 86% pengucapan dengan pelafalan benar. Kegiatan dengan metode bercerita juga didukung oleh metode lain yakni demontrasi, pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan cukup penting dalam peningkatan kecerdasan linguistik anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat kegiatan. Kesimpulan dari penelitian adalah : metode bercerita dapat meningkatkan kecerdasan linguistik anak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kecerdasan linguistik, metode bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:45
Last Modified: 27 Jul 2011 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13646

Actions (login required)

View Item View Item