PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 GAGAKSIPAT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

CAHYANINGRUM, RATRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 GAGAKSIPAT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab1)
03_BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_Daftar_Pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi peta konsep dalam meningkatkan kemampun menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD N 3 Gagaksipat Boyolali. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N 3 Gagaksipat Boyolali yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa penerapan strategi peta konsep dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai menulis karangan deskripsi siswa. Sebelum tindakan nilai terendah siswa 45 dan nilai tertinggi 70.pada siklus II nilai terendah siswa 59 dan nilai tertinggi 87. Pada siklus II nilai terendah siswa 67 dan nilai tertinggi 94. Perolehan nilai tuntas pada sebelum tindakan sebanyak 40%, siklus I sebanyak 85%, dan pada siklus II sebanyak 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi peta konsep dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi. Kata kunci : peta konsep, karangan deskripsi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peta konsep, karangan deskripsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 02:54
Last Modified: 27 Jul 2011 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13638

Actions (login required)

View Item View Item