PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

WIJAYANTI, APRI (2011) PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mojodoyong Sragen Tahun Pelajaran 2010-2011. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN Mojodoyong sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keterampilan berbahasa berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,344 > 2,007. 2) Kemampuan penalaran berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,410 > 2,007. 3) Keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,870 > 3,175. 4) Variabel keterampilan berbahasa memberikan sumbangan efektif 15,466%. Variabel kemampuan penalaran memberikan sumbangan efektif 25,234%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kemampuan penalaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika dibandingkan variabel keterampilan berbahasa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbahasa, kemampuan penalaran dan kemampuan mengerjakan soal cerita matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 26 Jul 2011 10:26
Last Modified: 26 Jul 2011 18:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13633

Actions (login required)

View Item View Item