STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED-INSTRUCTION) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V MI AL-ISLAM KARTASURA

NURYATININGSIH, SITI (2011) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED-INSTRUCTION) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V MI AL-ISLAM KARTASURA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
BABIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang berlokasi di MI Al- Islam Kartasura. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sebelum dilakukan penelitian, dilakukan uji homogenitas dengan metode Barlett pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji homogenitas dengan SPSS 15.0 menunjukkan bahwa kedua kelompok homogen secara kemampuan, dengan nilai sign. 0,067. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Sebelum analisis dilakukan uji normalitas data dengan metode Liliefors pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji normalitas data dengan SPSS 15.0 menunjukkan bahwa hasil belajar kedua kelompok berdistribusi normal (nilai sign.PBI= 0,200 dan nilai sign.TGT= 0,073). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung < ttabel (thitung = 1,336 dan ttabel = 2,011) sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran PBI, strategi pembelajaran TGT, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 26 Jul 2011 09:55
Last Modified: 26 Jul 2011 19:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13626

Actions (login required)

View Item View Item