PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BAWAK KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN

KHOTIMAH, KHUSNUL (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BAWAK KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB__1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (BAb V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita atau cerita dengan menggunakan media VCD pada siswa kelas V SD Negeri I Bawak Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten dalam pembelajaran menyimak dan dengan penerapan teknik dengar -jawab. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 25 siswa (16 putri dan 9 putra) dan guru kelas V SD. Sumber data yang di gunakan yaitu: tempat dan peristiwa, informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non tes, teknik nontes antara lain: teknik observasi, teknik jurnal, teknik wawaancara, dan teknik dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan penyusunan laporan. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survey awal, pratindakan, siklus I, dan Siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai fasilitator pembelajaran dan peran guru sebagai pengamat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan : 1) keaktifan siswa; 2) kemampuan menyimak siswa dengan menggunakan media VCD; 3 perubahan perilaku siswa kea rah yang positif. ) Peningkatan kemampuan menyimak dapat dilihat dari nilai menyimak siswa yang selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata-rata sebesar 64,3, pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai 72,0, dan siklus II 87,2. Hal ini membuktikan bahwa penerapan media VCD pada pembelajaran menyimak berita maupun cerita mampu meningkatkan kemampuan menyimak siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak, Bahasa Indonesia, Media VCD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 26 Jul 2011 09:15
Last Modified: 26 Jul 2011 20:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13615

Actions (login required)

View Item View Item