NILAI-NILAI EDUKATIF KUMPULAN CERPEN ANAK PIALA UNTUK SISI KARYA M. ARMAN AZ. DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

NUGROHO, ANDRI (2011) NILAI-NILAI EDUKATIF KUMPULAN CERPEN ANAK PIALA UNTUK SISI KARYA M. ARMAN AZ. DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (346kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_Bab_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Memaparkan nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam kumpulan cerpen anak Piala Untuk Sisi karya M. Arman AZ.; (2) Mendeskripsikan implikasi nilai edukatif kumpulan cerpen anak Piala Untuk Sisi karya M. Arman AZ. sebagai materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek Penelitian ini adalah nilai edukatif yang terdapat dalam kumpulan cerpen anak Piala Untuk Sisi karya M. Arman AZ. dan implikasinya sebagai materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, analisis data dengan pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Berdasarkan analisis semiotik kumpulan cerpen anak Piala Untuk Sisi karya M. Arman AZ. sarat dengan muatan nilai edukatif. Nilai-nilai edukatif tersebut adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tanggung jawab, cinta dan kasih sayang, kesabaran (mampu mengendalikan diri), kebahagiaan (Kedamaian di dalam hati), sikap toleransi, serta kerja sama. Implikasi nilai edukatif dalam kumpulan cerpen anak Piala Untuk Sisi karya M. Arman AZ. sebagai materi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar adalah (1) Kumpulan cerpen anak Piala Untuk Sisi karya M. Arman AZ. sarat dengan muatan nilai edukatif, sehingga relevan dengan kurikulum 2006 jenjang Sekolah Dasar; (2) Nilai-nilai edukatif yang terdapat di dalamnya, relevan dengan Tujuan Sekolah Dasar; (3) Nilai-nilai edukatif dalam kumpulan cerpen anak Piala Untuk Sisi karya M. Arman AZ. dapat berperan dalam pembentukan kepribadian (character building) dalam diri peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai edukatif, kumpulan cerpen anak Piala Untuk Sisi, implikasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 06:51
Last Modified: 26 Jul 2011 20:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

View Item View Item