PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011

ANGGRAINI, NINDIA ELISIE (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran student team heroic leadership, dan (2) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran student team heroic leadership. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Pacitan, yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 16,7% dan setelah tindakan 46,7%, b) mengerjakan soal di depan kelas sebelum 12,5% dan setelah tindakan 66, 7%, c) Kerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 95,4%, dan (2) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengemukakan ide sebelum tindakan 8,3% dan setelah tindakan 54,5%, b) mendapat nilai tes mandiri memenuhi nilai lebih dari sama dengan 69 sebelum tindakan 41,6% dan setelah tindakan 95,4%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi student team heroic leadership dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-28
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, pemahaman konsep, student team heroic leadership.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 06:19
Last Modified: 31 Oct 2011 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item