PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

KUSUMA, ANTON ADI SURYO (2011) PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2Halaman_Depan.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3Bab_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
4Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
5Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
6Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
7Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
9Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X G SMA Muhammadiyah 1 Sragen, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) keberanian bertanya dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 16,13 % dan di akhir tindakan 61,68 %, b) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 9,68 % dan di akhir tindakan 41,66 %, c) aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 19,35 % dan di akhir tindakan 83,32 %, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 66 sebelum tindakan 45,16 % dan di akhir tindakan 77,42 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-29
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, generative learning, peer lessons.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 06:05
Last Modified: 31 Oct 2011 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13601

Actions (login required)

View Item View Item