UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

WIJAYANTI, ARI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengetahui dan mendiskripsikan tentang : 1) Peningkatan kreativitas dalam proses pembelajaran matematika melalui pendekatan Accelerated Learning pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dan 2) Peningkatan efektivitas dalam proses pembelajaran matematika melalui pendekatan Accelerated Learning pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Pendekatan penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VIII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VIII PK yang berjumlah 24 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kreativitas dalam hal bertanya, sebelum dilakukan tindakan 20,83% meningkat menjadi 70,83%; 2) Ada peningkatan kreativitas mengajukan ide, sebelum dilakukan tindakan 12,5% meningkat menjadi 41,66%; 3) Ada peningkatan kreativitas memberikan jawaban atas pertanyaan dari guru atau siswa lain, sebelum dilakukan tindakan 25% meningkat menjadi 79,16%; 4) Ada peningkatan kreativitas mengerjakan soal latihan di depan kelas, sebelum dilakukan tindakan 16,66% meningkat menjadi 50%. Dengan meningkatnya kreativitas dalam pembelajaran matematika maka efektivitas pembelajaran matematika juga meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan siswa menguasai kompetensi dasar dan materi yang telah disampaikan yaitu terlihat dari peningkatan persentase siswa yang memenuhi KKM, sebelum dilakukan tindakan 54,16% meningkat menjadi 100%, guru tidak mendominasi kelas, suasana kelas menyenangkan dan tidak tegang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan Accelerated Learning dapat meningkatkan kreativitas dan efektivitas dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, efektivitas, Accelerated Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:58
Last Modified: 26 Jul 2011 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13598

Actions (login required)

View Item View Item