PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CONCEPT MAPPING WITH CO TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP (PTK Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011)

ASTUTI, RENI YULI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CONCEPT MAPPING WITH CO TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP (PTK Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Awal.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Collaborative Concept Mapping with Co Teaching dan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Colomadu. Sebagai subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, guru matematika kelas VIII H, dan partner co teaching. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan pemahaman konsep belajar siswa melalui strategi pembelajaran Collaborative Concept Mapping with Co Teaching. Hal ini dapat dilihat dari aspek a). Menjawab pertanyaan guru/mengerjakan soal didepan kelas dari sebelum tindakan 5,56% meningkat menjadi 30,56%; b). Memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain dari sebelum tindakan 2,56% meningkat menjadi 25,71%; c). Mengajukan pertanyaan/tanggapan pada guru dari sebelum tindakan 0% meningkat menjadi 20%; d) Membuat kesimpulan materi baik secara mandiri atau kelompok dari sebelum tindakan 27,78% meningkat menjadi 65,71%; e). Nilai Prestasi siswa yang mendapat ≥ 65 dari sebelum tindakan 41,67% meningkat menjadi 77,14%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui strategi Collaborative Concept Mapping with Co Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan lingkaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Concept mapping, Co Teaching, dan pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:52
Last Modified: 26 Jul 2011 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item