PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bendosari)

SASWANTI, INDAH (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bendosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Talking stick. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Bendosari yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam 1) Kesiapan mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 35,90% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 84,62%, 2) Mendengarkan penjelasan guru saat pembelajaran sebelum tindakan 48,72% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 89,74%, 3) Antusias menjawab pertanyaan guru atau siswa lain sebelum tindakan 15,38% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 71,79%, 4) Prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan 46,15% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 87,18%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode Talking stick dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar, metode talking stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:42
Last Modified: 26 Jul 2011 04:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13595

Actions (login required)

View Item View Item